Thursday, December 9, 2010

Bangkok I'm in Love

heyhoooo... udah lama banget ga posting, lama banget banget *paraah
kesibukan yang padat alias cari duit sana sini.. hihihi
tepatnya sebulan yang lalu, gw dan temen-temen jalan-jalan dengan ga sengaja alias karena emang kami menang tiket PP kesana, bisa diliat dipostingan gw di bulan Juni atau Juli yah lupaa -____-"
yak, gw beserta 10 orang lainnya *rame ajaaahh* mengelilingi Bangkok selama 5 hari (28Okt - 1 Nov '10). it was really really fun!! gw akan menjelaskan dari keberangkatan hari pertama sampai kita pulang ^^

hari pertama
flight jam 04.40 pm WIB (kalo ga salah) kami udah sampe dibandara jam 2 siang, tapi herannya tetep aja telaat lari-lari ngos-ngosan pas masuk pesawat dikarenakan check in yang telat. Sampai di Bangkok jam 8.30 pm WIB dan terpukau melihat kekerenan bandara Shurvanabumi, ga pake lama langsung capcus foto-foto, oiya jangan lupa ambil peta Bangkok yang udah disediain di Bandara!! penting! ga kaya kami-kami ini yang kelupaan saking senengnya sampe bangkok -____-" untungnya gw punya.
trs kita langsung capcus ke penginapan, letaknya di khaosan road, gw dan 3 orang lainnya udah booking hotel duluan pas dijakarta nama hotelnya Rikka Inn lumayan sih tempatnya ada free wifi dan dibawah di sediain PC jg buat yg mau browsing sepuasnya. Rata-rata penginapan di Khaosan Road murah-murah untuk kantong orang yg backpackeran.. banyak hotel yg menyediakan satu kamar untuk 5-8 orang, namanya Guest House. Akhirnya sisa temen gw yang lain dapet hotel jg, kalo mereka di Guest House jd enak buat rame-rame dan ga jauh dari hotel gw nginep. Setelah beres-beres kami kelaparan dan pas banget di sebelah hotel ada Mcd yang harganya hampir sama kayak disini dan Seven Eleven (FYI Seven Eleven di Bangkok ga kayak disini, lebih seperti minimarket, lebih kecil dari Indomaret dan Alfamart malah. Lanjut menyusuri sepanjang jalan Khaosand, banyak banget yang jualan.. makanan, baju, accecorries,dan juga ada bar, cafe, restaurant. Komplit. Kalau di Indonesia sama persis kaya di jalan Legian Bali lah. Oiya hampir lupa, berhubung pas gw kesana tanggal 28 oktober dan 2 hari lagi adalah malam Halloween, ada street party lhoooo.. wuiihh lucky banget! karena gw dan yang cewe-cewe udah kecapean, kita lanjut tidur sedangkan yang cowo-cowo tetep nongkrong dan ikutan street party.

hari kedua
dengan kesepakatan, tgl 29 kita menuju Pattaya, karena jaraknya yang lumayan jauh dan menyita waktu jadi kita janjian jam 8 pagi udah harus jalan. Berhubung pakainya waktu WIB (waktu Indonesia bagian berantakan) jadinya molor-molor jam 9an gitu.. dari Khaosan kami jalan ke depan jalan raya besar, trs nanya-nanya sama orang sekitar untuk ke Terminal apaaa yaa (lupa -___-") naik bis sekitar 20 menit, nah dari situ sudah banyak yg menyediakan mini van untuk tujuan Pattaya, per orangnya bayar 100 baht. Kira-kira perjalanan sekitar 2 jam lebih, dan itu ga macet! berarti jauh bangettt...
Sesampainya disana, pertama yang gw rasain.. PANAS! (yaiyyalah secara pantai) tadinya gw udah pengen nyebur maen-maen aer eh pas ngeliat pantainya langsung speechless.. gak ada tepinyaaa boooookkk langsung dalem -____-" ada pasirnya sih, tp ga luas.. cuma jarak 10 meteran lah. Kalo mau dibandingin sama pantai Indonesia, sangat jelas lebih bagus pantai Kita lhooo.. sama Kuta aja kalah, atau yang pernah ke Pulau Seribu seperti Pulau Pramuka dan Tidung.. kalaaahh deehhh...
untungnya didepan pantai ada mall Central Festival yang bagus dijadiin spot buat foto-foto hahaha, isinya hampir sama kaya Senayan City..
kalau mau dapet serunya di Pattaya, ada Cabaret show jam 7 malam, itu lho pria-pria cantik yang pinter nari.. tapi sayangnya gw ga nonton karena kami memustukan untuk pulang dan menuju Suan Lum Night Market.
Pulang dari Pattaya kita naik sejenis angkutan umum entah apa namanya, dan itu menuju ke terminal (lupa lagi -___-") sekarang bisnya besar ga kaya tadi berangkat naik mini van.

setelah naik bus gede, kami lanjut naik MRT, seperti yang gw bilang tadi, penting banget bawa peta kemana-mana.. karena disitu terpampang jelas jalur MRT. Setiba disana, kita langsung mencar untuk nyari sebagian oleh-oleh.. murah-murah lhooo.. harus pinter-pinter nawar deh.
sepulang dari Suan Lum, kami langsung capcus ke hotel, bersih-bersih terus keluar lagi untuk ikutan Street Party.. ihiiyyy

hari ketiga
okay, tanggal 30 oktober kami memustukan untuk mengelilingi temple yang ada di Bangkok.. dari Grand Palace, Wat Pho, dan Wat Arun. Ternyata dari Khaosan itu deket, sekitar 5kilo lah kalo jalan kaki, pagi-pagi sambil menikmati udara segar dan liat view sekitar. Satu hal penting sih, di sepanjang jalan sewaktu kami mau ke temple akan ada banyak bapak-bapak berdiri dan kami emang ga tau arah ke temple, trus nanya ke mereka. Arah yang dikasih sih bener kok tapi pasti mereka akan bilang kalo pagi temple masih tutup karena ada acara sembahyang tapi itu boong! sengaja mereka bilang gitu biar kita disuruh keliling-keliling dulu bareng mereka padahal temple buka dari jam 08.30 am - 03.30 pm, dan kami ngelewatin jalan yang banyak burung dara, udah kaya di Eropa :P (semoga bisa kesana beneran)

Pertama kami ke Grand Palace, temple yang paling gede dan luasnya hektaran.

Setelah cape, kepanasan.. kami lanjut ke Temple berikutnya, Wat Pho namanya kalo ga salah,jaraknya sekitar 3km, kalo kami sih jalan kaki :P didalemnya ada patung Sleeping Budha (Budha Tidur) sumpah gede banget budhanya -____-"
and next destination, Wat Arun.. harus nyebrang naik kapal dari sunga Chao Phraya, cuma bayar 3 baht kok, sumpah cuma nyebrang doang, kalo ada jembatan itu jauh lebih bagus -___-"
kami disana ga masuk ke temple nya, cuma foto-foto pake baju adat (sewa per baju 50 baht itu harus nawar) di luarnya aja karena udah saking capeknya jalan dan liat temple, ga ada yang tertarik masuk.. hahaha udah gitu kalo masuk harus naik sampe atas supaya dapet view yg enak, bentuknya kayak candi Borobudur tapi ini versi mininya..

abis itu kami balik ke hotel dan langsung ke China Town nya Bangkok untuk cari makanan.. dari hotel jalan kaki lagi, lumayan jauh -____-" trs disambung naik bus.. sampai disana beneran china town, tulisannya cina semua udah bukan thai lagi.. haha
setelah keliling-keliling terus nemu tempat makanan yang kami anggap halal, namanya lupa, kalo orang sini sih bilangnya martabak seafood..
sampai di hotel lagi, Khaosan Road makin menggila karena saatnya malam Halloween.. woww
kaget ngeliat orang-orang dandan dengan kostum yang serem-serem dah
finally gw dan rara keliling sebentar, karena saking padetnya jalanan dan nyari anak-anak ga ada yang ikutan street party jadinya gw mutusin untuk tidur, ternyata eh ternyata mereka keluar disaat gw udah masuk hotel -___-"

hari keempat
kami bangun pagi karena mau ke floating market, sejenis pasar terapung dan kayaknya sih buatan. jarak waktu kesana sekitar 3 jam deh.. jauuhh geelaaaaa.. ampe ketiduran, pertama kita naik taksi ke stasiun apa gitu (lupa lagi) trs dari situ kita naik mini van lagi untuk menuju kesana.. oiya itu pasar bukanya cm sampe jam 2 aja..
menurut gw sih ga recommended untuk didatengin, pertama, karena mahal.. tiket untuk keliling selama satu jam naik perahu 250 baht / orang dan itu harus nawar kerasss.. kedua, ga ada yang diliat juga, dan yang jualan disitu mahal-mahal, ada jualan makanan jg sih tp entah knp gw ga tertarik, tmn gw aja sampe tidur di perahu karena bete haha.. perjalanan selanjutnya kita ke chatucak market buat beli oleh-oleh karena disana emang tempatnya murah meriah, tp inget ya bukanya cuma hari sabtu - minggu..

dan setelah belanja belinji bisa nyantai-nyantai di tamannya lhoo.. luaaass, bersih lagi..

abis dari chatucak kami langsung balik ke hotel karena udah cape juga tapi masih tetep semangat dan ga begitu sore nyampe hotel, kami (ber 4 aja) mutusin untuk nyobain kolam renang yang ada di atas hotel (ga mau rugi banget)..hahaha

jam 7 malem gw, dan 3org lainnya kembali nyari makanan, dan berakhir ,mencari di seven eleven.. kami beli roti dan popmie trs nongkrong di depan guest hotelnya mereka. setelah makanan abis plus ngobrol-ngobrol tau-tau disebelah gw duduklah orang bule, dan kami ajak ngobrol deh dia.. namanya robert, dia cerita udah keliling ke 40 negara tapi belom pernah ke Indonesia.. dan kami sebagai orang indonesia yang bangga akan alamnya yang buagusnya banget banget sangat mempromosikan (baca: memaksa) dia untuk dateng ke Indonesia, minimal ke Bali lah.. tapi dia tau kalo di Indo banyak bencana kaya tsunami, gempa, gunung meletus.. baru tau gw kalo bule takut mati jg -____-" hahaha

dikarenakan anak-anak udah pada bangun dari tidur, kami lanjut ikutan street party lagi ^^

hari kelima (last day)
dengan mata terkantuk-kantuk karena tiap hari cuma tidur ga lebih dari 3 jam.. paginya kami check out dan nyari oleh-oleh lagi di mall MBK, isinya hampir mirip kaya ITC mangga dua.. bisa ditawar-tawar juga.. ga sampe sore, karena kami (gw dan 4 orang lainnya) harus pulang T.T dan sisanya masih ada waktu 2 hari lagi..
abis itu balik lagi ngambil tas yang kami titipin ke guest house yang ditinggalin anak-anak yang baru pulang 2 hr kemudian.. yuppp.. segitu aja perjalanan gw di Bangkok, cukup puas lah ngiter-ngiter.. kalo ada yang mau nanya-nanya tentang rician harga dan tempat-tempatnya.. silahkann.. free for ask, it's my pleasure guys ^^
see ya on next trip :D

p.s : gw nulis cerita ini 3hari baru kelar dikarenakan gw agak lupa dengan tempat-tempatnya dan kepotong-potong sama tugas dan kerjaan yang numpuk -____-"